Pengertian SPA



Asal kata "SPA" adalah singkatan dari:
  • Bahasa Latin: Solus Per Aqua ( Solus = perawatan, per = dengan, aqua = air )
  • SPA juga merupakan nama sebuah kota kecil di Belgia yang memiliki sumber mata air mineral yang berkhasiat untuk perawatan dan kesehatan tubuh dengan cara mandi berendam.
Di hampir setiap peradaban dan belahan bumi pasti ada kebiasaan mandi berendam dan perawatan menggunakan air. Kegiatan perawatan kebugaran tubuh dengan cara mandi berendam ini sudah dimulai sejak ribuan tahun lalu. Yang sangat terkenal misalnya, dari masa peradaban jaman Mesir Kuno, dengan adanya kebiasan raja dan ratu mandi berendam di air bunga, rempah hingga mandi susu ala Ratu Cleapatra.

Di Eropa, SPA biasanya dihubungkan dengan perawatan menggunakan air mineral dari sumber mata air alami. Banyak negara eropa yang memiliki pusat kebugaran dan perawatan menggunakan air mineral dan dikenal dengan SPA. Sebut saja misalnya di Turki, terkenal dengan nama Turkish Bath. Di Jerman dikenal dengan nama "Kurhaus".

Di Asia, berbagai bangsa dan budaya memiliki ritual dan tatacara mandi, mulai dari China, Jepang hingga Indonesia. Di Jawa, kaum bangsawan dan Raja-Ratu memiliki tradisi mandi berendam bunga dan rempah. Mereka percaya pada ungkapan Jawa Kuno "Rupa Sampat Wahya Bhiantara" yakni : keseimbangan antara yang nampak oleh mata dan yang terletak di dalam jiwa serta pikiran.

Sejak beberapa tahun terakhir, perawatan kebugaran di Spa menjadi trend dan merebak di banyak negara. Hampir setiap hotel berbintang melengkapi diri dengan fasilitas Spa yang pada prinsipnya menyediakan berbagai perawatan holistik secara natural yang dikemas untuk kenyamanan dan kebutuhan klien. Jadi, SPA adalah suatu tempat perawatan alternatif yang menawarkan berbagai jenis perawatan untuk menyeimbangkan kehidupan manusia dari 3 dimensi ( tubuh, pikiran, perasaan ) melalui enam indra ( mata, hidung, telinga, lidah, kulit, otot )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel